Mengatasi Masalah Mesin Mobil: Kijang LGX Matic Ngempos di RPM 60-80km/jam

Izin bertanya suhu kisul

T: Maaf masih pemula, saya punya kisul lgx matic 2.0,klau lagi jalan di rpm 60-80km kayak ngempos gitu, padahal pedal gas nya gk di lepas, mohon pencerahan nya para suhu kisul 🙏 Semoga yg menjawab diberi rejeki yg lancar
 
J:Cek kabel busi sama busi nya jg filter bensin 

T:okee mksh om atas masukan nya 

J2:Cek OD = On atau OFF 

J3:betul 

J2:dulu pernah om lupa, awal2 punya mobil. Kok tumben di tol cuma bisa 80km/jam di Rpm 3000 digas ngaung doang, Sebelumya bisa 110km/jam di rpm 3000 🤣🤣🤣 

J3:pengalaman tahu tombol OD.waktu saya servis AC secara kebetulan tombol di tekan tdk sengaja oleh BENGKEL,bengkel bingun indikator OD nyala gk ngerti.akhirnya saya buka google ehhh terjawab sudah bagaimana mengoperasikan. om tau kabel od itu arahnya dr mna yg mnuju k saklarnya? T:OD aman om Klo udah di atas 100 gas nya stabil 

J2:kec 60-80 di rpm brapa? 

T:Rpm 2000-3000 om 

J2:tune up aja om. Bisa jadi pengapian( busi, delco kotor, kabel busi) 

T:estimasi biaya brpa ya om? 

J2:bawa bengkel aja om. Periksa dulu. Siapa tau cuma minim biayanya.. karna banyak kemungkinan👏 

J4:Cek ricek mesin dulu.. Sebelum fonis matic

T:okee siap om 🙏 J5:Kalo 60-80 kpj di 2000-3000rpm Over drive nya udah di aktifin om? 

T:klo OD di aktifin normal om mentok di 60kpj,, tapi OD nya di non aktif, di rpm 2000-3000 kcptn 80kpj ke atas kayak ngempos gtu gas nya 

J5:Nah kalo OD ini agak unik om Kalo lampu OD nyala = itu berarti OD non aktif. Kalo lampu OD mati = itu berarti OD aktif. OD = over drive = sama dengan top speed Kijang saya matic 97 dengan lampu OD mati bisa sampe 130 kpj om. 

T:iyaa sma om klo OD mati bisa tembus 130kpj,, tpi yg sya mksd, di rpm 2000 ke 3000 gas nya tiba2 ngempos gtu om,padahal pedal nya gk saya lepas 

J5:Kalo masih bisa 130 kpj berarti transmisi ga da masalah om. Coba di kalibrasi injector nya om... Tune up Reset pengapian Mungkin system injeksinya mulai kotor 

T:owhh bgtu ya om Mksh om atas info nya🙏 

T2:klo kcptan 100kpj. Gas blum mentok. Apa masih twrbilang normalkah om transmisinya...? Mau injek lagi pedal gasnya, udh gak berani om😁😁😁 J5:🤣🤣 

T2:loh kok ktwa sih om...? 

J5:kijang itu masih bisa dibetot sampe 160kpj om. kecuali faktor umur supir om... 

T2:bner om... umur terbilang msih muda om. Tp bner takut om.😟😟 

J6:Sebetulnya OD fungsi utama unt kondisi gimana.!?

J7:Stelan bensinnya om terlalu kering, ada di bawah wiper. Yg kaya ini

T1:klo muter yg pas arah kemana om? Mksh bnyak om atas info nya🙏 Salam hangat 2 pedal dri jakarta om🙏🙏






Mobil adalah investasi berharga, namun, seperti semua mesin, terkadang masalah dapat muncul. Salah satu masalah umum yang dihadapi pemilik mobil Kijang LGX Matic adalah kejadian mesin ngempos pada RPM 60-80km/jam. Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab potensial dan solusi yang mungkin untuk mengatasi masalah ini.

Mungkin Penyebab Ngempos pada RPM 60-80km/jam:

  1. Filter Bahan Bakar Kotor: Kemungkinan penyebab pertama adalah filter bahan bakar yang kotor. Filter yang tersumbat dapat menghambat aliran bahan bakar dan menyebabkan mesin ngempos.

  2. Busi dan Sistem Pengapian: Kondisi busi yang buruk atau sistem pengapian yang tidak optimal dapat mempengaruhi pembakaran bahan bakar. Periksa kondisi busi dan delco untuk memastikan pembakaran berjalan lancar.

  3. Sistem Injeksi Bahan Bakar Tidak Optimal: Kotoran atau penumpukan pada sistem injeksi bahan bakar dapat mengganggu penyemprotan bahan bakar yang tepat. Proses ini dapat menyebabkan mesin ngempos.

  4. Overdrive (OD) Tidak Aktif dengan Benar: Jika masalah terjadi ketika mobil berada dalam kecepatan 60-80km/jam, pastikan Overdrive (OD) tidak aktif secara tidak sengaja. Periksa lampu OD untuk memastikan kondisinya.

Langkah-langkah Perbaikan dan Solusi:

  1. Cek dan Ganti Filter Bahan Bakar: Periksa filter bahan bakar dan gantilah jika ditemukan kotoran. Filter yang bersih akan memastikan aliran bahan bakar yang optimal.

  2. Periksa Busi dan Delco: Lakukan pemeriksaan pada busi dan delco. Bersihkan atau ganti jika ditemukan tanda-tanda keausan atau kotoran.

  3. Kalibrasi Sistem Injeksi Bahan Bakar: Bawa mobil ke bengkel untuk melakukan kalibrasi pada sistem injeksi bahan bakar. Ini akan membantu memastikan penyemprotan bahan bakar yang tepat.

  4. Periksa Overdrive (OD): Pastikan penggunaan Overdrive (OD) sesuai dengan kondisi jalan. Matikan OD ketika berada di kecepatan rendah atau dalam kondisi jalan mendaki.

Kesimpulan: Jika mesin Kijang LGX Matic Anda masih ngempos pada RPM 60-80km/jam setelah mengikuti langkah-langkah di atas, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel atau ahli otomotif terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Memahami penyebab potensial dan melakukan perawatan preventif dapat membantu memastikan performa mesin yang optimal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pemilik Kijang LGX Matic yang menghadapi masalah serupa.


Related Post:

MENGATASI MASALAH KIJANG BOCOR DAN BAU HANGUS: TIPS DAN SOLUSI





Comments