Projek Q* (Q-STAR) kecerdasan buatan super yang mengalahkan penciptanya (Sam Altman) OpenAI Chat GPT

Sebelum di beritakan, pemecatan Sam Altman 17 November 2023 bisa jadi karena  projek yang sedang di bangunnya yaitu Q* (Q-Star) yakni kecerdasan buatan super. namun di kabarkan pada tanggal 29 November 2023 Altman sudah kembali menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) atau 13 hari setelah pemecatan dirinya

Sam Altman

Lalu apa itu Q-Star, projek yang baru diciptakan tetapi sudah berhasil mengalahkan penciptanya sendiri, Q-Star adalah kecerdasan buatan ber tipe Artificial General Intelligence (AGI) namun kecerdasannya melebihi para seniornya AI generatif seperti ChatGPT dan di kabarkan bisa selevel bahkan bisa menyaingi atau lebih dari manusia.

Kalau Generatif AI ChatGPT di latih berdasarkan informasi yang sudah ada dan akan menghasilkan prediksi jawaban berdasarkan metode pelatihannya, maka semakin banyak data yang diberikan sebagai training, semakin bagus jawabannya, namun masih tetap ada error atau glitch di setiap jawabannya, atau ngelantur bahkan ngaco ini yang biasa di sebut halusinasi AI, itu di karenakan generative AI tidak mempunyai kemampuan kognitif dan logika berpikir seperti manusia.

beda dengan Artificial Intelligence. AGI mempunyai kemampuan aneka hal baru yang belum pernah di latih sebelumnya, dan benar benar bisa berpikir sehinga bisa mengerti proses pemecahan masalah, ini bisa dikatakan bisa berifikir layaknya otak manusia.

Di kutip dari Reuters, AGI Q-Star yang di kembangkan OpenAI kabarnya sudah kemampuan berpikirnya sudah pada tahapan mampu memecahkan masalah soal matetmatika, tapi ini masih setara siswa sekolah dasar, namun dari hal ini di anggap sudah memberikan terobosan besar dalam kemampuan reasoning dan kognitif dari AGI Q-Star. Hal yang di perkirakan AGI Q-Star bisa melakukan perkerjaan Sains seperti para ilmuwan.

AGI Q-Star ini seperti anak kecil yang suatu saat akan besar dan akan memiliki kesadaran sendiri, dan kemudian bisa berbalik arah melawan  manusia, seperti di film Avenger Ultron, atau bahkan di film Terminator yang mana di saat AI sudah bisa berfikir sendiri dan menyadari bahawa kelemahan manusia dan bagaimana mereka berusaha melenyapkan manusia karena di anggap ras yang berbeda dan berpotensi menghancurkan.

Kemampuan AI ini di prediksi tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mencapai tahap GOD AI, dengan teknologi sekarang dimana AI sudah merupakan Asisten kita dalam bekerja, maka informasi yang dia terima juga akan semakin banyak dan cepat, dan itu bisa cepat membuat AI ini tumbuh besar, dan di saat Q-Star ini benar benar sudah di produksi, maka dia dengan mudah mengetahui data tentang manusia.

Dan hal inilah yang menjadi awal atau rumor dari pemecatan pendiri OpenAI pembuat chatbot ChatGpt, Sam Altman akhirnya dipecat, karea di rumorkan Sam Altman ini sedang mengembangkan projek Q* (Q-Star). Hal ini yang jadi rumor karena dewan direksi OpenAI menerima surat yang dikirimkan oleh sejumlah karyawan perusahaan, yang mana isinya dilapokan antara lain berupa peringatan tentang bahaya pengembangan dan komersialisai AGI tanpa pertimbangan matang untuk aspek keamanannya.

ketika di tanya soal atlasan pemecatan dirinya, ia hanya bngkam dan hanya mengatakan bahwa dewan direksi OpenAI yang baru akan mengdakan peninjauan independen soal pemecatan ini. Dalam postingan X/Twitter baru baru ini Sam Altman mengatakan bahwa jelas ada kesalapahaman dirinya dan anggota dewan

Wah seru sepertinya seperti film film superhero yang mana pencipta teknologinya di pecat oleh direksi, namun si pencipta ini akhirnya menjadi villain hehehe mudah mudahan tidak terjadi yah... semoga semua berjalan lancar dan ada kesepakatan baik.

Namun dari sini kita bisa lihat seberapa hebat dan menakutkannya projek AGI Q-Star, bahkan masih kemampuan dasar sudah bisa membuat sang penciptanya di pecat.



Comments